Tips Liburan Ke Pantai Bersama Balita

Mengajak si kecil ke pantai bisa jadi pengalaman baru yang seru buat anak anda. Apalagi jika si kecil baru pertama kali melihat laut. Reaksinya sukar diungkapkan dengan kata-kata deh!

Tapi, kita juga sering merasa deg-degan dan bingung. Apa aja sih yang perlu disiapkan jika mau liburan ke pantai bersama balita?

Disini kami tulis beberapa tips dan persiapan liburan ke pantai bersama balita yang bisa anda lakukan.

balita di pantai

1.Siapkan Sunblock

Kulit balita masih sensitif banget. Ada baiknya siapkan sunblock yang cocok untuk kulit bayi biar terhindar dariĀ terpanggang sinar matahari nanti.

Kalau bisa pakai sunblock yang tahan air juga, dan tidak memberikan efek iritasi ke kulit bayi.

2. Pakai Baju Renang

Pakaikan baju renang untuk balita anda. baju renang memiliki bahan yang beda dengan baju katun biasa, sehingga saat kena air ngga bikin berat saat bergerak.

Selain itu, lebih mudah dibersihkan dari pasir pantai yang bandel.

3. Sediakan Minuman

Selalu sediakan minuman, dan suruh sikecil minum secara berkala. Bermain di pantai dengan cuaca yang panas bisa bikin dehidrasi dengan cepat.

Seringkali si anak ngga merasa haus karena terlalu asyik bermain. Itu sebabnya harus disuruh untuk minum secara berkala.

4. Gunakan Topi

Cuaca pantai yang panas dan matahari yang terik bisa membuat pusing kepala anak balita anda. Pastikan si kecil selalu pakai topi yang cukup lebar, atau penutup kepala lain untuk mencegahnya.

5. Waktu Bermain

Sebisa mungkin ajak anak anda bermain di pantai sebelum jam 9 pagi, atau sesudah jam 4 sore. Di jam ini, panas matahari tidak terlalu menyengat, sehingga si kecil lebih nyaman.

6. Bawa Mainan

Anak balita anda pasti akan suka bermain di pasir pantai. Siapkan dan bawa mainan yang bikin seru seperti sekop, ember kecil, dan lain-lain.

Biarkan anak anda bermain dengan bebas, seru deh pokoknya.

7. Siapkan Alat P3K

Namanya anak kecil pasti ada aja ceritanya. Kadang ga sengaja ke gores benda tajam, terantuk dan jatuh, dan lain-lain.

Siapkan alat P3K standar seperti plester luka, obat merah, dll.

8. Selalu Awasi Anak Anda!

Ini yang paling penting, selalu awasi anak anda saat bermain, jangan sampai lepas dari pandangan anda. Kita lebih baik mencegah daripada terjadi hal yang tidak diinginkan bukan?

9. Pilih Pantai Yang Sesuai

Memilih pantai untuk liburan bersama balita hahrus disesuaikan tentunya. Pilih pantai dengan pasir halus dan landai, aman, dan mudah dijangkau. Misalnya saja seperti pantai parangtritis, pantai pangandaran, dan lain-lain.

Semoga tips ringan ini bisa berguna untuk anda, selamat berlibur!

Leave a Reply